Senin, 28 September 2015

MEDIA VISUAL YANG DIPROYEKSIKAN


MEDIA VISUAL YANG DIPROYEKSIKAN


A.    Media Visual Yang Dapat Diproyeksikan
  1. Pengertian Media Visual

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam pendidikan, media diartikan sebagai komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Pengertian media menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut :
1.  AECT : media sebagai bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
2.  Gagne : media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar.
3.  Briggs : media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
Media visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.
Apabila dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan menarik, efektif dan efesien karena peserta didik terutama siswa sekolah dasar masih berfikir konkrit, semua yang guru utarakan atau sampaikan harus dibuktikan sendiri dengan mata mereka. Media visual merupakan sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks, gerak, dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan.
Media Visual yang bergerak ialah media yang dapat menampilkan gambar atau bayangan yang dapat bergerak dilayar bias, seperti: bias gambar-gamabar yang ditampilkan oleh motion picture film dan loopfilm.
Media visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa media visual merupakan salah satu media untuk pembelajaran. Media bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita terutama oleh indera penglihatan.

  1. Ciri – Ciri Media Visual
Ciri-ciri media pendidikan menurut Gerlach & Ely (1971) :

  1. Ciri Fiksatif(Fixative Property)
Menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekrontuksi suatu peristiwa atau objek yang dapat diurutkan dan disusun kembali dengan perantara media seperti fotografi, video tape, audio tape, dan film. Sehingga kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dapat digunakan setiap saat dan dapat digunakan kembali untuk keperluan pembelajaran.
  1. Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Suatu kejadian atau objek yang memakan waktu berhari-hari dapatdisajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik  pengambilan gambar,  time-lapse recording, yakni hanya mengambil bagian- bagian penting dan memotong yang tidak diperlukan.
  1. Ciri Distributif (Distributive Property)
Memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, dapat diproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau secara berulang-ulang di suatu tempat.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
Media adalah sumber informasi utama bagi semua orang, namun setiap media tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Kekurangan dan kelebihan media visual dapat di kategorikan sebagai berikut:
Kelebihan media visual:
  1. Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya.
  2. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan media visual:
  1. Lambat dan kurang praktis.
  2. Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar  sehingga materinya kurang mendetail.
  3. Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
  4. Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat

  1. Jenis – Jenis Media Visual Yang Dapat Diproyeksikan
Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media transparasi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy/OHT) dan perangkat keras (Overhead projector/OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:
– Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
– Membuat sendiri secara manual
  1. Film bingkai/slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2x2 inci. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah biaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan yang dibutuhkan proyektor slide.
  2. Film strip Proyektor Film ini sama halnya dengan slide, akan tetapi tidak di potong-potong melainkan diberikan dalam gulungan satu rol, kemudian diproyeksikan dengan projector film strip.
  3. Opaque Projector nama proyektor ini juga belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kalau tiga jenis alat di atas perangkat lunaknya merupakan lembaran plastik atau film yang transparan, maka untuk opaque, perangkat lunaknya tidak tembus cahaya, seperti gambar dalam majalah, Koran, tulisan di buku dan sebagainya.

  1. Desain Media Visual
Dalam proses penataan media harus diperhatikan prinsip-prinsip desain tertentu,antara lain :
  1. KesedehanaanMengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual, jumlahelemen yang lebih sedikit memudahkan siswa menangkap dan memahami pesanyang disajikan visual itu. Pesan informasi yang panjang atau rumit harus dibagi- bagi kedalam beberapa bahan visual yang mudah dibaca, begitu juga teks yangmenyertai bahan visual harus dibatasi antara 15 sampai 20 kata.
  2. KeterpaduanKeterpaduan mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen-elemen yang ketika diamati berfungsi secara bersama-sama saling terkait danmenyatu sebagai suatu keseluruhan.
  3. PenekananDengan menggunakan ukuran seperti hubungan-hubungan, warna atau ruang, penekanan dapat diberikan kepada unsur terpenting.
  4. KeseimbanganBentuk atau pola yang dipilih sebaiknya menempati ruang penayangan yangmemberikan persepsi keseimbangan meskipun tidak seluruhnya sistematis.
  5. Bentuk,Bentuk yang aneh dan asing bagi siswa dapat membangkitkan minat perhatian.

1 komentar:

  1. Winstarz Casino and Resort - KTAR 7 News
    The Winstarz Casino & Resort was opened in 시흥 출장마사지 1977 to serve as an inspiration for Las Vegas' more luxurious 정읍 출장마사지 resorts. 김포 출장샵 Its 창원 출장마사지 location provides 전라북도 출장안마 convenient access to

    BalasHapus