MEDIA VISUAL YANG DIPROYEKSIKAN
A.
Media Visual Yang Dapat Diproyeksikan
- Pengertian Media Visual
Media berasal dari bahasa latin
merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara”
atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima
pesan. Dalam pendidikan, media diartikan sebagai komponen sumber belajar atau
wahana fisik yang mengandung materi intruksional dilingkungan siswa yang dapat
merangsang siswa untuk belajar. Pengertian media menurut beberapa sumber adalah
sebagai berikut :
1. AECT : media sebagai
bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
2. Gagne : media adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk
belajar.
3. Briggs : media adalah
segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk
belajar.
Media visual merupakan penyampaian pesan atau informasi
secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan
letaknya jelas,sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.
Apabila dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka
pembelajaran itu akan menarik, efektif dan efesien karena peserta didik
terutama siswa sekolah dasar masih berfikir konkrit, semua yang guru utarakan
atau sampaikan harus dibuktikan sendiri dengan mata mereka. Media visual
merupakan sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat
secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks, gerak, dan animasi yang
disesuaikan dengan usia peserta didik sehingga pembelajaran akan menyenangkan
dan tidak menjenuhkan.
Media Visual yang bergerak ialah media yang dapat
menampilkan gambar atau bayangan yang dapat bergerak dilayar bias, seperti:
bias gambar-gamabar yang ditampilkan oleh motion
picture film dan loopfilm.
Media visual adalah media yang
memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Jadi
dapat diambil kesimpulan bahwa media visual merupakan salah satu media untuk
pembelajaran. Media bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar
panca indera kita terutama oleh indera penglihatan.
- Ciri – Ciri Media Visual
Ciri-ciri media pendidikan menurut Gerlach & Ely (1971)
:
- Ciri Fiksatif(Fixative Property)
Menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan,
melestarikan, dan merekrontuksi suatu peristiwa atau objek yang dapat diurutkan
dan disusun kembali dengan perantara media seperti fotografi, video tape, audio
tape, dan film. Sehingga kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan
dapat digunakan setiap saat dan dapat digunakan kembali untuk
keperluan pembelajaran.
- Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Suatu kejadian atau objek yang memakan waktu berhari-hari
dapatdisajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan
teknik pengambilan gambar, time-lapse recording, yakni hanya
mengambil bagian- bagian penting dan memotong yang tidak diperlukan.
- Ciri Distributif (Distributive Property)
Memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan
melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah
besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, dapat diproduksi seberapa
kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau
secara berulang-ulang di suatu tempat.
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
Media adalah sumber informasi utama bagi semua orang, namun
setiap media tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Kekurangan
dan kelebihan media visual dapat di kategorikan sebagai berikut:
Kelebihan
media visual:
- Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya.
- Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan
media visual:
- Lambat dan kurang praktis.
- Tidak adanya audio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar sehingga materinya kurang mendetail.
- Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
- Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat
- Jenis – Jenis Media Visual Yang Dapat Diproyeksikan
Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka
sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap
muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media transparasi
meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy/OHT) dan perangkat keras
(Overhead projector/OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:
–
Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
–
Membuat sendiri secara manual
- Film bingkai/slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2x2 inci. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah biaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan yang dibutuhkan proyektor slide.
- Film strip Proyektor Film ini sama halnya dengan slide, akan tetapi tidak di potong-potong melainkan diberikan dalam gulungan satu rol, kemudian diproyeksikan dengan projector film strip.
- Opaque Projector nama proyektor ini juga belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kalau tiga jenis alat di atas perangkat lunaknya merupakan lembaran plastik atau film yang transparan, maka untuk opaque, perangkat lunaknya tidak tembus cahaya, seperti gambar dalam majalah, Koran, tulisan di buku dan sebagainya.
- Desain Media Visual
Dalam proses penataan media harus diperhatikan
prinsip-prinsip desain tertentu,antara lain :
- KesedehanaanMengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual, jumlahelemen yang lebih sedikit memudahkan siswa menangkap dan memahami pesanyang disajikan visual itu. Pesan informasi yang panjang atau rumit harus dibagi- bagi kedalam beberapa bahan visual yang mudah dibaca, begitu juga teks yangmenyertai bahan visual harus dibatasi antara 15 sampai 20 kata.
- KeterpaduanKeterpaduan mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen-elemen yang ketika diamati berfungsi secara bersama-sama saling terkait danmenyatu sebagai suatu keseluruhan.
- PenekananDengan menggunakan ukuran seperti hubungan-hubungan, warna atau ruang, penekanan dapat diberikan kepada unsur terpenting.
- KeseimbanganBentuk atau pola yang dipilih sebaiknya menempati ruang penayangan yangmemberikan persepsi keseimbangan meskipun tidak seluruhnya sistematis.
- Bentuk,Bentuk yang aneh dan asing bagi siswa dapat membangkitkan minat perhatian.
Winstarz Casino and Resort - KTAR 7 News
BalasHapusThe Winstarz Casino & Resort was opened in 시흥 출장마사지 1977 to serve as an inspiration for Las Vegas' more luxurious 정읍 출장마사지 resorts. 김포 출장샵 Its 창원 출장마사지 location provides 전라북도 출장안마 convenient access to